Bikin Matematika Bisa Dinikmati

Seorang teman selalu mengeluh siswanya susah diajar Matematika, bahkan yang paling parah ada siswanya kalau pelajaran matematika ketakutan. Sehingga membolos jika tidak mengerjakan PR Matematika. Kalau kita guru Matematika pasti akan mengalami hal seperti teman saya tersebut, mungkin juga tidak disenangi oleh siswa kita. Coba kita tanya siswa pelajaran apa yang paling tidak disukai, pasti Pelajaran Matematika masuk dalam kategori jawaban siswa tersebut. Sudah saatnya matematika dibikin menyenangkan. sebab dengan cara itulah citra Matematika yang menakutkan akan bisa diubah.

Secara praktis dan simpel saja setidaknya ada 3 cara agar Matematika bisa lebih dinikmati siswa.

  1. Sikap guru yang menyenangkan
  2. Gunakan pembelajaran Model Kongkret
  3. Pemberian masalah nyata

Saat ini tiga point tersebut masih sering diabaikan oleh para pendidik. Selama ini masih banyak guru Matematika yang cenderung killer alias menakutkan, suasana kelas matematikapun terkesan superserius, dan guru kurang kreatif. Padahal seharusnya tidak begitu. Bagaimana guru matematika seharusnya?

  1. Guru Matematika seharusnya bisa membangun suasana Demokrasi di kelas, artinya pemberian ruang dan waktu bagi siswa untuk bertanya serta memberikan jawaban yang tak seragam, kita jangan hanya pakem dengan rumus, kalau rumusnya begitu ya harus seperti itu caranya. Bebaskan siswa untuk menemukan pemecahan masalahnya sendiri, baru nanti kita berikan arahan
  2. Usahakan membawa suasana yang menyenangkan dalam belajar Matematika, selingi dengan game/permainan yang menggunakan logika matematika, misalnya tebak angka, tebak umur, tebak tanggal lahir dll.
  3. Membawa masalah nyata disekitar siswa untuk dipecahkan bersama-sama. misalnya mencari luas ruang kelas, volume almari, luas papan tulis, berapa volume air dalam botol minumannya, dll.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara atau metode dan yang penting adalah kreatifitas serta kemauan guru untuk berubah.

 

Baca Juga :

 

Posted on 2 September 2009, in Artikel Guru. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Media Guru

Belajar Sepanjang Hayat

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

%d blogger menyukai ini: